Iklan

Minggu, 23 Juli 2023, Juli 23, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-24T06:04:44Z
DESALOMBOK TENGAHTMMDTNI AD

TMMD Ke-117, Babinsa Labulia Urai Konsepsi Gotong Royong dalam Pancasila

Pancasila
Kegiatan TMMD Prajurit dari Koramil 06/Jonggat, Kodim 1620/Lombok Tengah

LOMBOK TENGAH,  - PANCASILA mengandung nilai-nilai dan keyakinan yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai ideologi bangsa Indonesia, nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan dalam diri setiap individu warga negara sejak usia dini. 

"Salah satu nilai penting yang secara tersirat dalam ideologi Pancasila adalah nilai gotong royong," Kata Babinsa Desa Labulia, Sertu Saiful Hamdi, Senin (24/7/2023).

Prajurit dari Koramil 06/Jonggat, Kodim 1620/Lombok Tengah tersebut menjelaskan secara sederhana bahwa gotong royong berarti mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. 

Hal itu disampaikan Babinsa Saiful Hamdi kepada masyarakat saat melakukan gotong royong pembuatan jalan Baru sepanjang 1300 meter di Desa Labulia kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Pembuatan jalan yang baru dibuka dilakukan di 3 titik lokasi diantaranya yaitu di Dusun Enjak sepanjang 300 meter, Dusun Batu Tinggang 700 meter, dan Dusun Labulia sepanjang 300 meter.

“Jadi, gotong royong memiliki pengertian sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat memberi nilai positif untuk kebutuhan orang banyak di sekelingnya," Ujar Hamdi.

Babinsa Saiful Hamdi mengatakan bahwa kegiatan gotong royong membangun jalan yang dilaksanakannya adalah merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 Ta. 2023 di wilayah Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng).

"TMMD yang telah dilakukan secara berseri ini diharapkan dapat menambah wawasan berpikir masyarakat agar lebih mencintai pancasila dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari," Ucapnya.( Haris )