Iklan

π‘πžππšπ€π¬π’
Minggu, 13 Agustus 2023, Agustus 13, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-14T05:23:05Z
HeadlineTNI AD

Babinsa, Petani, dan Masyarakat Lombok Utara Bergotong-Royong Bersihkan Saluran Irigasi Demi Pertanian Berkualitas





Babinsa Bentek Korakil 1606-10/Gangga Sertu Hamudin dan masyarakat saat aksi pembersihan saluran irigasi.


Lombok Utara, NTB - Dalam semangat gotong-royong dan kerjasama yang erat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga bersama dengan anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan masyarakat setempat telah sukses melaksanakan aksi pembersihan saluran irigasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan kelancaran aliran air yang krusial bagi sektor pertanian di wilayah Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Minggu (13/8/2023).

Dalam laporannya, Babinsa Bentek Korakil 1606-10/Gangga Sertu Hamudin mengungkapkan, “Dengan antusiasme yang tinggi, para anggota Babinsa, petani, dan masyarakat bekerja bahu-membahu membersihkan saluran irigasi dari sampah, ranting kayu dan material lainnya yang dapat menghambat aliran air. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mencegah terjadinya banjir akibat saluran irigasi yang tersumbat,” tuturnya.

“Kehadiran kami bersama Bhabinkamtibmas dalam kegiatan ini tidak hanya sebagai pengawas, tetapi juga sebagai motivator dan fasilitator. Mereka memberikan panduan teknis kepada petani dan masyarakat mengenai cara pembersihan yang efektif dan aman. Kolaborasi antara Babinsa, petani, dan masyarakat dalam kegiatan ini menunjukkan semangat kebersamaan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas pertanian di daerah tersebut,” tambahnya.

“Diharapkan, dengan hasil dari aksi pembersihan saluran irigasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi sektor pertanian. Aliran air yang lancar akan membantu meningkatkan produktivitas tanaman dan hasil panen. Selain itu, upaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar saluran irigasi juga akan berdampak positif pada ekosistem lokal,” Tegasnya.

Dengan semangat gotong-royong yang terus ditanamkan, diharapkan kolaborasi antara Babinsa, P3A, dan masyarakat dalam menjaga dan memelihara saluran irigasi ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain. Keberhasilan ini menegaskan bahwa kerjasama yang erat antara pihak TNI-Polri, petani, dan masyarakat memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan lingkungan di wilayah pedesaan.( Red )