Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Selasa, 22 Agustus 2023, Agustus 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-23T02:41:55Z
DESAHeadlineLombok Tengah NTB

Penghijauan Sejak Dini, TNI, Polri Dan Pemda Tanam Ribuan Pohon Di Hutan Desa Lantan








Lombok Tengah - Penghijauan sejak dini TNI, Polri dan Pemerintah daerah melakukan penanaman 1500 pohon Alpukat, sebagai upaya pengelolaan dan pelestarian hutan dalam menjaga keseimbangan dan keberlangsungan ekosistem, di lingkungan hutan kemasyarakat desa Lantan, kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah. 

Dalam upaya tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1620/Loteng Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur telah mengambil langkah konkret dengan melibatkan diri dalam penanaman ribuan pohon bersama instansi terkait guna memperkuat kembali lingkungan alam yang semakin terdegradasi. 

"Dalam aksi penanaman ini, ribuan pohon Alpukat ditanam dengan tujuan untuk mengembalikan dan memperkuat ekosistem hutan yang sangat peran penting dalam menjaga siklus air, menyediakan habitat bagi tempat hidup beragam makhluk hidup," ujar Mayor Syukur di lokasi penanaman pohon, Rabu (23/8/2023). 

Kasdim menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut adalah langkah positif untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan penghijauan dan perlindungan lingkungan. Selain itu, partisipasi aktif dari TNI juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat, serta mengajarkan nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat. 

"Kolaborasi kami turut serta dengan berbagai pihak dalam melakukan aksi penanaman pohon di hutan adalah bagian dari komitmen untuk menjaga kelestarian hutan dan mengurangi dampak deforestasi yang dapat merusak ekosistem alam," kata Kasdim. 

Sehingga selain aspek lingkungan, juga tercipta dampak sosial positif. Kolaborasi antara pihak TNI Kodim 1620/Loteng, pemerintah daerah, dan masyarakat merupakan contoh sinergi yang mengarah pada upaya konservasi yang lebih efektif. 

"Diharapkan melalui langkah ini akan menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya dalam menjaga dan melestarikan hutan. Keterlibatan berbagai pihak, termasuk TNI, dalam upaya pelestarian lingkungan adalah langkah positif menuju masa depan yang lebih berkelanjutan," terangnya. 

Selain itu, penanaman ribuan pohon keras tidak hanya berdampak jangka pendek, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi kelestarian hutan dan kehidupan di bumi yang merupakan sumber kehidupan utama manusia. 

Sehingga, diharapkan semua pihak dapat terinspirasi dan turut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan alam untuk generasi yang akan datang dan anak cucu kita, karena kalau kita jaga alam maka alam akan jaga kita" tandas Kasdim.(mh )