Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Kamis, 17 Agustus 2023, Agustus 17, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-17T15:06:15Z
NASIONAL

Presiden Jokowi Sebut Upacara HUT Ke-78 RI Jadi yang Terakhir Digelar di Jakarta





Presiden RI Joko Widodo


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan upacara HUT Ke-78 RI tahun 2023 menjadi yang terakhir diselenggarakan di Jakarta. Dia menyebut upacara kemerdekaan mendatang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Insyaallah. Tahun depan insyaallah sudah di IKN. Kita lihat nanti," ujar Jokowi dilansir dilaman sindonews.com Kamis (17/8/2023).

Pada upacara hari ini, Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

"Ini Ageman Songkok Singkepan Ageng. Ini dari Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat," katanya.

Jokowi tidak menjelaskan secara rinci alasan dirinya mengenakan pakaian daerah Ageman Songkok. Dia hanya memakai pakaian yang dipilih timnya.

Dia berharap pada HUT Ke-78 RI tahun ini keberagaman baju adat yang dipakai oleh masyarakat yang hadir melambangkan kesolidan dan persatuan Indonesia.

"Ya seperti yang kita lihat di istana keberagaman dipadukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai. Inilah sebetulnya kekuatan negara kita, kekuatan Indonesia yang keberagaman bisa dipersatukan. Jadi kalau kita bersatu, solid kompak itulah kekuatan besar Indonesia," ujar Jokowi.

Diketahui, Ageman ini dipakai oleh Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Enggar Soho Tedhak Loji, yang artinya saat di mana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut turuba (turun ke bawah).(Red)