Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Selasa, 26 September 2023, September 26, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-27T04:31:57Z
BeritaLombok Tengah NTBTNI AD

Aksi Nyata Peduli Lingkungan, Kodim 1620/Loteng Tanam Ratusan Bibit Pohon Mangrove

Photo Kodim 1620/Loteng saat melaksanakan aksi penanaman ratusan pohon mangrove untuk kelestarian lingkungan pesisir.



Lombok Tengah - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Tentara Nasional Indonesia, Kodim 1620/Loteng melaksanakan aksi nyata penanaman ratusan pohon mangrove untuk kelestarian lingkungan pesisir di dusun Lauk Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah. 


Penanaman mangrove tersebut sangat memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir khususnya di kawasan Ekonomi khusus Kuta Mandalika (KEK) dalam menjaga naiknya air laut ke daerah pesisir. 


Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi TNI dalam pelestarian lingkungan bersama masyarakat sekitar dan juga Polri serta Komcad, yang ikut turut ambil bagian dalam penanaman. 


"Kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga keberlangsungan alam sekitar, khususnya di wilayah pesisir Kawasan KEK Kuta Mandalika" ujar Dandim Rabu, (27/9/2023). 


Lebih dari 300 personel baik TNI, Polri dan Komcad serta masyarakat dari berbagai daerah turut serta dalam kegiatan penanaman mangrove di lahan seluas 1 hektar, sinergitas dan kerjasama dalam melakukan aksi nyata juga diharapkan terus terjalin bersama dengan komunitas lokal dan para sukarelawan lingkungan. 


"Karena proses penanaman mangrove ini dilakukan dengan seksama untuk memastikan keberhasilan pertumbuhan mangrove di masa mendatang dan yang akan datang," terang Dandim. 


Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat setempat. Kolaborasi antara semua pihak diharapkan dapat terus berlanjut untuk mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di masa mendatang. 


"Kedepan penanaman mangrove ini akan memberi dampak positif bagi ekosistem pantai dan kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah kuta dan sekitar," ucapnya. 


Kegiatan penanaman pohon mangrove di Kuta Mandalika menjadi bukti nyata komitmen TNI Kodim 1620/Loteng dalam menjaga kelestarian lingkungan di hari jadinya yang ke-78 tahun. 


"Semoga aksi ini dapat menginspirasi pihak-pihak lain untuk turut berperan aktif dalam melestarikan alam kita demi generasi muda dan masa depan anak anak kita," tandas Dandim.(Sm)