Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Selasa, 19 September 2023, September 19, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-19T11:04:37Z
NEWS

Bertemu Bawaslu, Kapolres Lombok Tengah Instruksikan Jaga Harmonisasi Gakkumdu










Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah


Lombok Tengah -  Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah terus melakukan upaya pemantapan persiapan Pemilu tahun 2024. Diantaranya melakukan silaturrahmi ke para stakeholder.

Kali ini, Pimpinan Bawaslu berkesempatan melakukan Silaturrahmi ke Kapolres Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (19/09).Turut hadir dalam rombongan Bawaslu yakni, Ketua Lalu Fauzan Hadi, Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Usman Faesal, serta Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Sudirman Haryanto.

Pimpinan Bawaslu disambut langsung oleh Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat bersama jajarannya. Suasana hangat menyelimuti pertemuan kedua lembaga.

Dalam silaturahmi tersebut, Fauzan menyampaikan koordinasi terkait kerawanan dan pengamanan Pemilu 2024.

“Kami datang kesini berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait pemetaan kerawanan, guna memastikan keamanan jalannya Pemilu,” ucapnya.

Fauzan memberikan beberapa laporan perkembangan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Kemudian menyampaikan proses tahapan Pemilu yang sedang berlangsung kepada Kapolres.

Di tempat yang sama, Kapolres mengingatkan penguatan sinergisitas berupa koordinasi kolaboratif antara Kepolisian dan Bawaslu.

“Kami Polres Lombok Tengah akan mendukung kerja Bawaslu dalam menyukseskan Pemilu. Harus ada koordinasi kolaboratif,” kata Kapolres asal Madura ini.

Oleh sebab itu, Iwan Hidayat menegaskan untuk menjaga harmonisasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Menurutnya, penegakan hukum Pemilu harus selaras dengan Bawaslu.

“Jaga harmonisasi Gakkumdu, jangan ada koordinasi yang tersumbat antar lembaga yang ada di dalamnya, kerja-kerja penegakan hukum harus selaras dengan Bawaslu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Iwan Hidayat menegaskan jajarannya akan melakukan tindakan preventif dan preemptif dan cooling system sebelum Pemilu tahun 2024.

“Sebagai langkah tindakan pencegahan agar tidak terjadi gangguan keamanan, Polres Lombok Tengah akan melakukan tindakan preventif dan preemptif. Selain itu, dalam rangka mendinginkan suasana Pemilu, kami akan melakukan cooling system,” ujarnya