Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Minggu, 22 Oktober 2023, Oktober 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-23T03:09:33Z
TNI AD

Danramil Praya Bersama Pok Mas KMPS Surge Inisiasi Pembersihan Sungai









photo Kapten Inf Suliono S.ip, bersama dengan kelompok masyarakat




Lombok Tengah - Kepedulian terhadap lingkungan Sungai terus ditunjukkan oleh Danramil 1620-01/Praya, Kapten Inf Suliono S.ip, bersama dengan kelompok masyarakat (Pok Mas) dan Kelompok Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) Surabaya-Gereneng (Surge). 

Koramil bersama Pokmas dan masyarakat setempat bergandengan tangan untuk melakukan inisiasi gotong royong pembersihan aliran Sungai Surge dari sampah sampah organik maupun non organik yang dapat menghambat kelancaran aliran air sungai, di lingkungan Surabaya kelurahan tiwugalih Praya Lombok Tengah, Senin (23/10/2023). 

Tindakan bersama ini adalah bukti nyata dari sinergi antara TNI dan masyarakat dalam menjaga kelestarian alam. Danramil Praya, Kapten Inf Suliono S.ip, menyampaikan, "Kita semua harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar kita. Sungai adalah aset berharga yang harus dijaga bersama demi kesejahteraan masyarakat." Ujar Kapten Suliono. 

Kegiatan pembersihan sungai juga melibatkan ratusan relawan dari Pok Mas dan KMPS Surge. Mereka menggunakan alat-alat sederhana seperti sarung tangan, kantong plastik, dan peralatan dasar lainnya untuk membersihkan sungai dari sampah-sampah plastik dan limbah lainnya. 

Selain membersihkan sungai, kegiatan ini juga menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah secara bijak dan ramah lingkungan. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan tidak sembarangan membuang sampah," terang Danramil. 

Para peserta yang ikut dalam pembersihan sungai juga dilibatkan dalam kegiatan edukasi mengenai konservasi lingkungan dan cara-cara untuk mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem sungai. Hal ini diharapkan dapat membangun kesadaran kolektif terhadap perlindungan alam sekitar. 

Dalam upaya menjaga keberlanjutan dari kegiatan peduli lingkungan, Danramil 01/Praya bersama pihaknya dengan Pok Mas dan KMPS Surge berencana untuk mengadakan kegiatan serupa secara berkala. Langkah ini diharapkan dapat membawa dampak positif jangka panjang bagi kelestarian lingkungan di Praya dan sekitarnya," ucap Danramil. 

Inisiatif bersama ini juga mendapat apresiasi tinggi dari warga sekitar dan pemerintah setempat. Mereka berharap bahwa semakin banyak pihak yang terlibat dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan sungai, akan semakin tercipta lingkungan yang sehat dan nyaman bagi seluruh masyarakat Praya," Tandasnya.(Sm)