Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Rabu, 31 Januari 2024, Januari 31, 2024 WIB
Last Updated 2024-01-31T23:24:34Z
BeritaLombok Tengah NTB

Retribusi dicabut,Jumlah Uji Kir Di Lombok Tengah Melonjak

 







LombokTengah - Kir Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah pada bulan januari tahun 2024 telah menerapkan bebas biaya retribusi bagi kendaraan bermotor. 


Kir gratis uji kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah ini telah diluncurkan sejak tanggal 2/01/2024. Hal ini berdasarkan yang tertuang di dalam undang-undang 2022


" Kir Ujian Kendaraan Bermotor ini penerapan dari undang-undang No.1 tahun 2022 yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah, di dalam klausulnya menyatakan bahwa retribusi pengujian kendaraan bermotor itu sudah tidak ada, terhapus dari undang-undang artinya gratis. Maka secara tidak langsung  pengujian kendaraan bermotor itu gratis. Berkaitan dengan gratis ini darimana sumber-sumber operasionalnya akan diatur kemudian dengan peraturan menteri, gubernur, dan dilanjutka menjadi peraturan bupati," ungkap Kasubag Tata Usaha UPTD PKB Roky Rohmana Afwa, SP pada Rabu, 31/01/2024 di ruang kerjanya.


Lanjut Roky mengatakan, sampai hari ini sumber-sumber pendanaannya di sini masih dalam proses penyusunan di BPKAD pemerintah daerah


" Dengan adanya  Kir gratis kendaraan ini antusias masyarakat terutama pemilik kendaraan itu kenaikannya meningkat mencapai hampir 200 persen untuk pelayanan, masyarakat merasa senang  dengan kebijakan pemerintah," pungkasnya.(krs02)