Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Senin, 19 Februari 2024, Februari 19, 2024 WIB
Last Updated 2024-02-20T01:25:23Z
kodim loteng

Optimalkan Komsos, Babinsa Sengkerang Anjangsana Kerumah Warga Binaan

 







Lombok Tengah - Dalam rangka mengoptimalkan Komunikasi Sosial (Komsos), Satuan Komando Kewilayahan dengan komponen masyarakat diharapkan pelaksanaannya mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. 


Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1620-08/Desa Sengkerang Serka Selamet Ariyadi bersama Bhabinkamtibmas setempat, melaksanakan anjangsana di rumah salah satu warga binaan bapak Nurdin, dan amaq Sri yang menjadi salah satu tokoh masyarakat yang ada di desa Sengkerang kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah Selasa, (20/2/2024). 


Serka Selamet mengungkapkan, ini adalah salah tugas Babinsa yang harus dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan dengan Komunikasi sosial dalam bentuk apapun sangat penting dilakukan demi menjaga hubungan yang keharmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya. 


"Karena dengan mendatangi dan berkomunikasi bersama warga, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya kami bisa optimalkan hubungan secara emosional,” ujar Babinsa Sengkerang. 


Sebagai Babinsa ia mengatakan, sengaja dirinya dan Babinkamtibmas datang ke rumah Amaq sri selaku tokoh masyarakat desa tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus berkoodinasi mengenai pencegahan membuang sampah sembarangan. 


Menurutnya, selaku mitra kerja harus selalu bersinergi saling mendukung dan saling mengingatkan, terlebih dengan masalah sampah yang sekarang sedang menjadi sorotan dan keluhan warga sekitar karena tempat pembuangan yang belum tersedia secara terkordinir di Desa sengkerang. 


"Kami sepakat untuk mengambil langkah-langkah sesuai anjuran desa dalam penanggulangan membuang sampah sembarangan,” ucapnya. 


Bahkan, Babinkamtibmas Desa sengkerang juga mengakui pentingnya bersinergi dalam menindaklanjuti imbauan masyarakat dalam mencegah membuang sampah sembarangan, dirinya bersama Babinsa akan segera menyosialisasikan kepada masyarakat. 


"Kami tetap sosialisasikan agar masyarakat lebih paham dan menjalankan imbauan yang telah disampaikan” jelasnya. 


Ia berharap kepada masyarakat agar selalu berdampingan menyampikan secara pro aktif setiap ada perkembangan yang ada mengenai sampah yang ada dilingkungan warga, Babinsa merupakan badan pengumpul keterangan yang selalu menerapkan deteksi dini dan cegah dini. 


“Metode anjangsana seperti inilah kedekatan dan kebersamaan antara Babinsa dengan masyarakat dapat terjalin dengan baik, sehingga sasaran kegiatan Pembinaan, perncanaan Teritorial (Binter) dapat tercapai dengan optimal,” tandasnya.(Sm)