Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Minggu, 28 April 2024, April 28, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-29T02:34:23Z

Jaga Kondisi Fisik Prajurit Tetap Prima, Kodim Loteng Gelar Garjas Periodik

 

fhoto Kodim 1620/Loteng saat menggelar program Kesegaran Jasmani (Garjas)






Lombok Tengah - Dalam rangka menjaga kondisi fisik para prajuritnya tetap bugar dan prima, Kodim 1620/Loteng menggelar program Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, di Lapangan sederhana Makodim 1620/Loteng Senin, (29/4/2024). 


Kegiatan Garjas tersebut dilaksanakan secara rutin sebagai bagian dari upaya memelihara kesehatan dan kesiapan fisik seluruh prajurit agar selalu siap dalam menjalankan tugasnya kedepan demi masyarakat bangsa dan negara. 


Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara mengatakan, Garjas periodik ini merupakan salah satu strategi yang diadopsi dan terus dikembangkan oleh Kodim 1620/Loteng dalam menjaga kebugaran fisik prajuritnya agar tetap bugar dan prima. 


"Melalui kegiatan garjas ini, para prajurit akan diberikan kesempatan untuk menjalani serangkaian latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan ketangkasan," ujar Dandim usai mengikuti Garjas bersama seluruh prajurit. 


Kegiatan Garjas periodik dilaksanakan dengan selalu memperhatikan kondisi kesehatan prajurit secara ketat guna mencegah dan mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan selama kegiatan Garjas berlangsung. 


"Nantinya setiap prajurit yang akan melaksanakan garjas wajib untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan tensi hingga kondisi tubuh prajurit agar bisa di tentukan bahwa prajurit tersebut bisa atau tidaknya mengikuti kegiatan garjas," terang Dandim. 


Selain itu, sebelum mengikuti rangkaian kesegaran jasmani, baik Garjas A maupun Garjas B seluruh prajurit diwajibkan untuk melaksanakan pemanasan sebelum melakukan kegiatan. 


"Dalam setiap sesi Garjas periodik, para prajurit akan di tes dengan berbagai macam latihan fisik yang variatif, mulai dari lari 12 menit, Pull up, Sit Up, Push Up, Shuttle Ran, renang ketangkasan hingga latihan kekuatan," jelasnya. 


Hal ini bertujuan untuk memberikan rangsangan yang beragam bagi kondisi tubuh seluruh prajurit sehingga dapat mengoptimalkan kondisi fisik secara menyeluruh dan terukur. 


Partisipasi aktif dari para prajurit menjadi kunci keberhasilan dari pelaksanaan Garjas, dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, para prajurit Kodim 1620/Loteng mengikuti setiap sesi tes kesamaptaan dengan penuh konsentrasi dan determinasi. 


"Melalui program Garjas periodik ini, diharapkan kondisi fisik para prajurit Kodim 1620/Loteng dapat terjaga dengan baik. Dengan tubuh yang sehat dan kuat, para prajurit siap untuk menghadapi berbagai tantangan dan tugas yang diemban demi menjaga kedaulatan dan keamanan bangsa serta negara," tandasnya.(sm)