Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Minggu, 21 April 2024, April 21, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-22T05:48:54Z

Kawal Ketahanan Pangan Wilayah, Babinsa Bual Bantu Petani Mengolah Lahan Dan Tanam Padi

 

fhoto Kolaborasi Babinsa dan petani dalam mengelola lahan pertanian





Lombok Tengah - Sebagai upaya strategis TNI AD dalam memperkuat ketahanan pangan di wilayah, Babinsa jajaran Koramil 1620-03/Kopang desa Aik Bual Serka Kuwurudin terus aktif dalam mendukung dan membantu petani dalam mengelola lahan pertanian untuk di tanami padi. 


Langkah ini diambil sebagai bagian dari salah satu upaya menjaga ketahanan pangan wilayah di tengah dinamika tantangan global yang terus berkembang di seluruh sendi sendi kehidupan masyarakat. 


"Kolaborasi Babinsa dan petani dalam mengelola lahan pertanian ini adalah untuk memperluas areal tanam dari lahan kering menjadi basah untuk di tanami padi dan sebagainya," ujar Serka Kuwurudin saat turun kesawah membantu petani tanam padi Senin, (22/4/2024). 


Selain itu, secara langsung dilapangan Babinsa juga memberikan bimbingan teknis tentang praktik pertanian yang efektif dan ramah lingkungan, termasuk penggunaan pupuk organik dan teknik irigasi yang efisien, serta sistim tanam berjarak dengan varietas bibit padi unggul. 


Kehadiran dan keturutsertaan Babinsa merupakan wujud kegiatan nyata di lapangan, seperti membersihkan lahan, menyiapkan bibit padi, dan membantu dalam proses penanaman. 


"Dengan kehadiran dan adanya dukungan langsung dari kami (Babinsa), kini petani merasa lebih termotivasi dan yakin untuk meningkatkan hasil pertanian mereka," ucapnya. 


Pihaknya juga berkomitmen membantu petani, tidak hanya terbatas pada tahap awal pengolahan lahan dan penanaman, tetapi juga terus berlanjut selama musim tanam berlangsung. 


"Dan kami secara bertahap terus melakukan pemantauan rutin terhadap perkembangan tanaman padi petani dan memberikan saran serta solusi atas masalah yang mungkin muncul selama proses pertumbuhan," terang Kuwurudin. 


Diharapkan, dengan kolaborasi yang erat antara Babinsa dan petani, produksi padi di wilayah khususnya desa Aik Bual dapat meningkat secara signifikan. Hal ini akan berdampak positif pada ketahanan pangan lokal serta kesejahteraan ekonomi masyarakat petani. 


Melalui langkah konkret ini, TNI AD melalui peran Babinsa di wilayah terus berupaya menjadi mitra yang handal bagi masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan wilayah. 


"Semoga kerja sama yang terjalin dapat menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan produksi pangan secara berkelanjutan," jelas Babinsa Aik Bual.(SM)