Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Kamis, 25 April 2024, April 25, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-26T00:58:38Z

Potret Humanisnya Polres Bima Kota Hadapi Massa Aksi, Datangi Mako Polres Bima Kota

 

dokumentasi







Kota Bima, NTB (25/4) - Dalam menanggapi aksi demonstrasi yang dilakukan secara damai tanpa mengganggu ketertiban umum, Polres Bima Kota menunjukkan sikap yang humanis dan penuh kekeluargaan. Hal ini terlihat saat mereka menerima massa aksi dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Bima pada Rabu kemarin.


Kelompok LMND Bima menyuarakan tuntutan terkait aksi demonstrasi rekan sesama mereka di Dompu beberapa waktu lalu. Setelah menggelar aksi di Bundaran Gunung Dua Bima dan di Kantor Pemkot Bima, mereka mendatangi Mako Polres Bima Kota.


Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, yang diwakili oleh Waka Polres Bima Kota, Kompol Herman, menerima massa aksi tersebut dan melakukan dialog panjang lebar dengan sikap yang humanis dan kekeluargaan. Bahkan, Waka Polres beserta sejumlah perwira dan personel Polres Bima Kota duduk bersama puluhan massa aksi di jalan depan Ruang SPKT Mako Polres Bima Kota.


Waka Polres Bima Kota dengan penuh kekeluargaan menjawab dan menanggapi setiap pertanyaan serta tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi LMND Bima. Misalnya, tuntutan untuk menindaklanjuti aksi perusakan atribut dan bendera LMND di Dompu dijawab secara lugas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.


Dalam penutup dialog tersebut, Waka Polres Bima Kota, mewakili Kapolres Bima Kota, menegaskan bahwa jika aksi demonstrasi berjalan damai, pihak kepolisian akan melayani dengan sikap yang humanis. Namun, jika aksi tersebut merusak dan mengganggu ketertiban umum, pihak kepolisian akan bertindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku karena itu merupakan bagian dari tindak pidana.


Sikap humanis dan dialogis Polres Bima Kota dalam menghadapi aksi massa ini memberikan gambaran tentang komitmen mereka dalam memastikan keseimbangan antara penegakan hukum dan penghormatan terhadap hak-hak warga dalam berdemonstrasi secara damai.