Iklan

𝐑𝐞𝐝𝐚𝐤𝐬𝐢
Selasa, 23 April 2024, April 23, 2024 WIB
Last Updated 2024-04-24T05:42:41Z

Wujudkan Kampung Wisata Hijau, Anggota TNI Inisiasi Masyarakat Tanam Anggur Di Pekarangan Rumah

 

fhoto anggota TNI Koramil 1620-02/Pujut Sertu Supriadana.





Lombok Tengah - Dalam mewujudkan Kampung Wisata yang lebih hijau dan lestari, anggota TNI Koramil 1620-02/Pujut Sertu Supriadana menginisiasi dan mengajak masyarakat tanam anggur di seluruh pekarangan rumahnya, di dusun Keloka, Desa Batujai Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. 


Program ini bertujuan untuk merangsang partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan, sekaligus memperkenalkan alternatif pertanian yang berkelanjutan dan menguntungkan wilayah. 


"Kami percaya bahwa tanaman anggur tidak hanya bermanfaat untuk ekonomi masyarakat, tetapi juga untuk lingkungan sekitar sebagai daya tarik wisata" ujar Supriadana saat mengecek perkembangan dan pertumbuhan buah anggur di dusun Keloka Rabu, (24/4/2024). 


Menurutnya, Anggur dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi tanah, dan pengelolaannya relatif mudah. Ini akan memberikan peluang besar bagi masyarakat lokal khususnya dusun keloka untuk terlibat dalam pertanian yang berkelanjutan untuk menunjang dan menghidupkan pariwisata lokal. 


Program tanam anggur melalui Kelompok tani hortikultura "Bale anggur keloka hijau" yang sudah di bentuk diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata desa, dengan menyediakan pengalaman baru bagi pengunjung di Lombok Tengah dalam aktivitas pertanian dan agrowisata. 


"Wisatawan yang berkunjung nantinya akan memiliki kesempatan untuk belajar tentang proses budidaya anggur, mulai dari, pembibitan, penanaman hingga pemanenan, serta dapat menikmati produk-produk lokal yang dihasilkan," terang Supriadana. 


Sementara Sapriatman yang akrab di sapa Ian, selaku pembina penanaman anggur kelompok tani holtikultura, Bale anggur Keloka Hijau mengatakan, program ini juga mencakup pelatihan dan pendampingan bagi para petani lokal dalam manajemen maupun pemasaran hasil anggur mereka. 


"Dengan demikian, diharapkan masyarakat desa khusnya dusun keloka dapat berlomba lomba meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola usaha melalui kampung wisata anggur agar dapat meningkatkan pertanian secara efektif dan berkelanjutan," ucap Ian. 


Inisiatif seperti ini menunjukkan pentingnya kerjasama antara berbagai pihak, TNI, dinas pertanian, pemerintah desa maupun pemerintah daerah, dan masyarakat, dalam membangun komunitas yang lebih baik dan berkelanjutan. 


"Dengan bersatu untuk mewujudkan Kampung Wisata Hijau, melalui penanaman anggur, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari, yang nanti dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal," tandas Ian.(Sm)